JS Barokah 354

Tips cara memilih bahan untuk membuat sambal

Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips sederhana Tips cara memilih bahan untuk membuat sambal – Makan tanpa sambal bagi sebagian orang rasanya kurang lengkap. Masakan pelengkap makan ini bisa menggugah selera makan anda menjadi meningkat. Rasa pedas pada sambal bisa membuat makan menjadi lebih meningkat.

Bahkan kini banyak restoran hingga warung makan yang beramai ramai mengusung sambal sebagai nilai jual usahanya, begitu juga dengan sambal roa kami, hehe… Tak jarang karena keunikan cita rasa sambal di restorannya, pelanggan ingin datang lagi dan lagi. Anda mungkin sudah terbiasa membuat sendiri sambal di rumah.

Cara memilih bahan yang tepat saat membuat masakan akan berpengaruh pada rasa, begitu juga dengan sambal. Dengan bahan bahan yang segar dan kualitas yang baik, sambal yang anda buat pun bercita rasa lezat dan pas untuk melengkapi menu makan siang atau malam anda. Sambel roa kami pun dibuat dengan bahan bahan pilihan agar bercita rasa lezat dan menggugah selera makan anda.

Saat membeli berbagai bahan sambal, sebaiknya pilih dengan cermat. Berikut ini akan kami informasikan tips cara memilih bahan dasar sambal supaya anda tak salah dalam memilih bahan sambal

Cabai

Cabai

Cabe merupakan bahan dasar utama dalam membuat sambal. Tanpa kehadiran cabe, bukan sambal namanya, karena sambal selalu identik dengan rasa pedas. Saat anda memilih cabe, sebaiknya pilih yang memiliki bentuk lurus, warnanya cerah dan jika ditekan terasa kencang. Apabila anda menekan cabe dan terasa empuk, itu artinya cabe tsb sdh tidah segar lagi, dan bisa jadi busuk. Cara memilih bahan sambal baik cabe keriting maupun cabe rawit yang segar, cabe yang segar warnanya akan lebih terang jika dibandingkan dengan yang sudah tidak segar.

Tomat


Tomat merupakan bahan sambal yang bisa memberikan cita rasa segar dan sedikit asam di dalam sambal. Penggunaan tomat dengan kualitas jelek tentu akan berpengaruh pada sambal. Cara memilih tomat yang segar yaitu pilih yang montok, berwarna merah cerah dan terang, permukaannya halus, dan jika disentuh atau ditekan terasa kencang. Berbeda dengan tomat yang sudah tidak segar, akan terasa empuk saat ditekan dan warnanya pun lebih gelap.

Bawang Putih

Cabai
Bawang putih dipakai untuk mengolah aneka masakan dan membuat cita rasanya semakin lezat, begitu pula untuk membuat sambal. Untuk mengetahui bahwa bawang putih masih bagus atau tidak, anda bisa melihat dari kulitnya. Bawang putih dengan kulit bersih dan mulus biasanya juga memiliki isi yang bagus. Ketika memilih bawang putih, coba sentuh bonggolnya. Apabila banyak bawang putih yang kempes, artinya kualitasnya sudah tidak bagus lagi. Bawang putih dengan bau yang tajam menunjukkan masih segar dan bisa anda beli.

Bawang Merah


Banyak bawang merah yang dijual di pasaran sudah busuk. Tentu hal ini harus dihindari. Bawang merah yang bagus memiliki buah yang padat, kulit yang kering, cerah dan bersih. Jika terlihat lembab, biasanya cenderung cepat busuk dan tak akan tahan lama. Karena tentu saja bawang yang busuk bisa menulari bawang lainnya.

Demikian tips sederhana Cara Memilih Bahan untuk membuat Sambal yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips cara memilih bahan untuk membuat sambal"

Posting Komentar