JS Barokah 354

Story Of Sambal

Sambal begitu populer di Nusantara dan nyaris menjadi makanan utama, bukan sekedar pelengkap. Hal ini dikarenakan seni kuliner Nusantara bersifat koudeten (hidangan dingin).Cabai menjadi penting dalam setiap masakan karena rasa pedas cabe tidak hanya memberikan rasa yang menggugah selera tetapi juga sebagai pengganti temperatur panas.

Dari informasi yang didapat dalam sebuah laporan sekelompok ilmuwan di Amerika yang meneliti sejarah sambal dan penyebaran sambal di penjuru dunia,ternyata bahan dasar sambal yaitu cabai telah ada semenjak 6000 tahun yang lalu. Hal ini diperkuat dengan temuan mikrofosil bubuk cabai pada hidangan suku indian zapotec di peru, dimana suku tersebut diperkirakan hidup pada masa lampau.

Lalu untuk sambal sendiri merupakan sajian campuran yang bahan utamanya cabai diperkirakan mulai digunakan untuk pertama kalinya 1000 SM, namun sambal jaman dahulu kala penyajiannya sangat sederhana sekali baik bumbu campuran cabai tersebut dan variasinya.

Seiring perkembangan waktu sambal menjadi menu pendamping untuk menemani makanan agar lebih enak dan nikmat, bahkan untuk sebagian orang tidak enak makan tanpa sambal. Itulah mengapa sambal untuk saat ini fungsinya bahkan menjadi menu utama bersama dengan makanan pokok.

Sambal terus berkembang terutama dalam campuran sajian sambal dan juga variasi baik bentuk maupun penyajiannya. Diberbagai negara dan daerah-daerahnya pasti memiliki citarasa sambal yang berbeda-beda, setiap sambal dari berbagai daerah memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing.

Di Indonesia yang terdiri dari suku-suku yang tersebar di berbagai kepulauan di wilayah Indonesia juga memiliki sajian sambal yang begitu terkenal di mancanegara, disetiap daerah di Indonesia untuk sambal beragam rasanya dimana hal tersebut karena campuran cabai yang berisi berbagai rempah-rempah dan bumbu-bumbu lainnya yang menambah kenikmatan.

Salah satu sambal terkenal di Indonesia adalah sambal ikan roa dari Manado yang merupakan sajian sambal yang dicampur dengan ikan roa disertai bumbu bumbu khas yang memberikan rasa yang enak dan lezat dengan rasanya yang khas tidak ditemui ditempat lain.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Story Of Sambal"

Posting Komentar