JS Barokah 354

Bubur Manado - Makanan pergaulan masyarakat Manado

Bubur menado merupakan salah satu kuliner yang cukup terkenal di indonesia, khusunya kawasan timur Indonesia, makanan khas Menado,Sulawesi Utara yang kita kenal dengan nama bubur menado ini biasa juga disebut tinutuan. Wajib rasanya untuk mencoba bubur yang satu ini, cita rasanya yang lezat dan juga mengandung banyak vitamin.

Bagi warga menado sendiri, bubur yang satu ini merupakan santapan wajib sebagai lambang pergaulan masyarakat menado, tidak jarang kita sering diundang keacara makan bubur menado jika kita sedang berada dikota manado, tradisi ini sudah melekat dihati warga menado, untuk mempererat silahturahmi dan memang paling asik jika manyantap bubur menado rame-rame. dan bubur menado juga  menjadi  sarapan wajib di Menado dan tak jarang sebagian orang masih mencari bubur menado sebagai pilihan buat santapan siang maupun malam hari. Selain menyehatkan bagi tubuh bubur menado memiliki cita rasa yang dapat menambah selera makan kita, belum kemanado rasanya jika kita belum mencoba bubur yang satu ini.

Pembuatan Bubur menado  tidak serumit yang kita bayangkan, hampir sama dengan cara kita membuat bubur beras pada umumnya, kelebihan bubur menado terletak pada beberapa tambahan  sayur-sayuran segar seperti, bayam, kangkung dan sayur gedi (sayur khas manado), yang dimasukan kedalam olahan bubur beras yang sudah dicampurkan bersama jagung, ubi dan labu siam.

Proses memasak nya pun perlu untuk diperhatikan, karena orang menado biasanya memisahkan memasak sayuran yang akan dicampurkan dengan beras yang akan diolah menjadi  bubur,
Katanya biar  vitamin yang terkandung pada sayur-sayuran tidak rusak karena prose memasak yang terlalu lama.
Sebagai tambahan dalam menikmati kelezatan bubur manado gorengan ikan asin, ikan cakalang bakar dan tahu menjadi pilihan yang tepat, jika suka pedas sambel terasi atau sambal roa dapat ditambahkan kedalam bubur manado

Cita rasa bubur menado sangatlah segar dan sederhana karenah tidak menggunakan bumbu yang terlalu banyak,  cukup tambahan daun kunyit, daun sereh, dan daun kemangi secukupnya sesuai dengan selerah masing-masing.

Untuk menyantap bubur manado ini, paling nikmat dikonsumsi selagi masih panas.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bubur Manado - Makanan pergaulan masyarakat Manado "

Posting Komentar